INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA RAUDHATUL ATHFAL DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN BERKUALITAS MELALUI RA HOLISTIK INTEGRATIF ( HI ) (STUDI KASUS RA HaeFa MADANI KOTA BINJAI)

Authors

  • Muhammad Amin Nasution
  • Nurdianah Nurdianah

DOI:

https://doi.org/10.37755/sjip.v11i1.1743

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Raudhatul Athfal , Layanan Berkualitas , Holistik Integratif

Abstract

Pendidikan dan Pengasuhan anak harus dikembangkan dalam upaya mengembangkan kreativitas dan tumbuh kembang anak usia dini adalah children perspektif yakni Pendidikan yang berpusat pada anak. Ini akan membuat anak sejak dini sudah mengenal tanggung jawab, empati dan tidak pemalu. Keberhasilan dari Pendidikan akan berdampak pada bidang lainnya, salah satunya adalah bidang Kesehatan dan gizi. Masyarakat sadar pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga vitamin, hanya saja mereka belum mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari, maka perlu adanya pengetahuan yang ditanamkan pada masyarakat maupun pada orang tua santri. Tingkat pencapaian perkembangan tersebut menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan dicapai anak pada rentang usia tertentu, yang merupakan integrasi aspek pemahaman nilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional. Selain dari Kognitif, Sosial, Emosional, Fisik dan Spritual, anak usia dini juga butuh Kesehatan, Pengasuhan dan Perlindungan. Dengan adanya Holistik Integratif Raudhatul Athfal harus mampu memberikan sebuah layanan baik pada lingkungan raudhatul athfal (RA) sendiri maupun diluar Raudhatul Athfal (RA). Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Raudhatul Athfal, Layanan Berkualitas, Holistik Integratif

References

Bloom, Benjamin S. (1983), Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, New York: Longman.

Depdiknas (2004), Standar Kompetensi Taman Kanak – Kanak dan Raudlatul Athfal, Jakarta: Depdiknas.

Hujjati (2003), Muhammad Baqir. Pendidikan Anak dalam Kandungan, Bogor: Cahaya.

Kellaghan, Thomas (1993), The Home Environment & School Learning: Promoting Parental Involvement in the Education of Children, Michigan: Jossey-Bass, 1993.

Latif, mukhtar dkk (2014), Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Machali, imam dan Ara Hidayat (2016), The Handbook Education Management:teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di Indonesia, Jakarta: Prenada Media Group.

Martuti (2011), Mendirikan dan Mengelola PAUD: Manajemen Administrasi dan Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Mulyasa (2011), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Rosdakarya.

Nasution (1989), Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara.

Sagala, syaiful (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar, Bandung: Alfabeta.

Sujiono (2009), yuliani nurani. Konsep dasar pendidikan anak usia dini, Jakarta: Indeks.

Tim Penukus PGMI (2009), Pembelajaran Tematik, Surabaya: Lapis-PGMI.

Downloads

Published

2025-07-25

How to Cite

Nasution, M. A., & Nurdianah, N. (2025). INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA RAUDHATUL ATHFAL DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN BERKUALITAS MELALUI RA HOLISTIK INTEGRATIF ( HI ) (STUDI KASUS RA HaeFa MADANI KOTA BINJAI). Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.37755/sjip.v11i1.1743