PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INVIDUALIZATION (TAI) TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37755/sjip.v11i1.1762Keywords:
Kata Kunci: pembelajaranTeams Assisted Individualization(TAI), kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada materi pokok sistem persamaan liniear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester ganjil MTs Persiapan Negeri Binjai yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30siswa yang ditentukan dengan teknik Claster Random Sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 22,17 dan kelas kontrol adalah 21,67, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,33 dan kelas kontrol 69,00. Dari hasil uji hipotesis thiung>ttabel = (2,23) > (2,00) maka Ho ditolak, sehingga terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dibandingkan model konvensional, sehingga terdapat pengaruh antara model pembelajaran dengan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok sistem persamaan liniear dua variabel.References
Erman Suherman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. JICA-UPI .2001
Herman, Hudojo, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press2005.
Ronald E.Walpole.Pengantar Statistika Edisi Ke-3. Terj.dari Introduction to Statistic oleh Bambang Sumantri.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.1993.
Soedijarot.Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu.Jakarta:BalaiPustaka. 1989.
Sugitno. Pengaruh Model Pembelajaran TAI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Skripsi Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: 2002.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta:PT Bumi Aksara.2003.
Sugiono. Metode Penelitian. Bandung : AlphaBeta. 2016.
Trianto.Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek.Jakarta: PrestasiPustaka. 2007.