PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICITING ACTIVITIES DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP N 10 BINJAI.
DOI:
https://doi.org/10.37755/jsm.v16i2.1373Keywords:
Eliciting Activities, Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, Self ConfidenceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Eliciting Activities dan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa kelas VIII SMP N 10 Binjai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 10 Binjai, dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan Self Confidence siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Eliciting Activities dan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. 2) Tidak terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Eliciting Activities dan Problem Based Learning terhadap Self Confidence siswa 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa.References
Abdul Kadir. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen Pada Perusahan Credit Agencies Go Publik Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Volume 11 No 1.
Adywibowo. 2010. Memperkuat kepercayaan diri anak melalui percakapan referensial : Jurnal Pendidikan Penabur, 15 (9), hlm. 37 – 49.
Chamberlin & Moon (2012). Model-Eliciting Activities as a Tool to Develop and Identify Creatively Gifted Mathematicians. Vol. XVII, No. 1, Fall 2005, pp. 37–47. University of Wyoming.
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas NCTM, 2000.
Muktia, Ana. 2018. Pengaruh Penerapan MEA terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Kelas VIII. Vol 10. No. 5. 27-38.
Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2020). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.
Downloads
Published
Versions
- 2024-12-28 (2)
- 2024-10-31 (1)