PENGENALAN DAN PELESTARIAN DONGENG SEBAGAI METODE PENGAJARAN ORANG TUA KEPADA ANAK DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA SELEMAK KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • Siti Juleha STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • Sri Ulina Ginting STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • ERLINDA NOFASARI STKIP BUDIDAYA BINJAI
  • M. Ali Siddiqin STKIP BUDIDAYA BINJAI

Keywords:

DONGENG, METODE PENGAJARAN, PELESTARIAN DONGENG

Abstract

Dongeng merupakan warisan budaya lisan yang telah turun temurun. Sebagian besar dongeng yang berkembang berakar pada cerita rakyat lokal yang mengandung pesan moral, nilai-nilai kearifan lokal, serta kepercayaan masyarakat setempat. Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang dimana Mayoritas Masyarakatnya bersuku Melayu. Sosialisasi pengenalan dan pelestarian dongeng di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang di tujukan kepada orang tua terutama ibu ibu agar mampu mengingat dan melestarikan kembali tradisi lisan yang turun temurun sejak dahulu dan untuk memperkenalkan dan mengajarkan kepada orang tua tentang pentingnya dongeng sebagai sarana pendidikan yang efektif dalam perkembangan anak. Kegiatan pengenalan dan pelestarian dongeng sebagai metode pengajaran orang tua kepada anak di Desa Selemak tidak hanya berdampak pada pelestarian budaya, tetapi juga membuka peluang untuk pengembangan berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Author Biographies

Sri Ulina Ginting, STKIP BUDIDAYA BINJAI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, STKIP BUDIDAYA BINJAI

ERLINDA NOFASARI, STKIP BUDIDAYA BINJAI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

M. Ali Siddiqin, STKIP BUDIDAYA BINJAI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

References

Alimuddin, M. (2022). Pendidikan dan Pembentukan Karakter Bangsa. Bandung: Pustaka Pelajar.

Danim, S. (2013). Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya

Dojosuroto, K. (2006). Analisis teks sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta : Pustaka

Eka Rini. (2022). Dongeng Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Educare.

Habsari, Z. (2017). Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 21-29.

Juanda, J. (2018). Revitalisasi nilai dalam dongeng sebagai wahana pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11-18.

Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600-4607.

Pratiwi, E., Yuandana, T., & Khosiyana, N. (2023). Dongeng “Dunia Mangrove” Berbasis Augmented Reality untuk Melestarikan Objek Wisata Pesisir bagi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 10(1), 84-97.

Suwarsono, V. S., Pengemanan, N. J., & Meruntu, O. S. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng “Mamanua dan Walansendow “dan “Burung Kekekow yang Malang” dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jurnal Bahtra, 1(2).

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Downloads

Published

2025-02-04