SOSIALISASI KAMPUS MENGAJAR UNTUK MEMPERKUAT PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 053976 PERTUMBUKAN
Keywords:
Kampus, mengajar, kurikulum, merdekaAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan sosialisasi kampus mengajar untuk memperkuat penerapan kurikulum merdeka Di SDN 053976 Pertumbukan. Berjalan dengan baik. Adapun jenis sosialisasi yang diberikan kepada sekolah tersebut di bagi menjadi 3 kategori kegiatan yang dilakukan selama 3 bulan yang terdiri dari kegiatan: sosialisasi kegiatan mengajar terhadap penerapan kurikulum merdeka, sosialisasi adaptasi teknologi dan sosialisasi kegiatan administrasi guru disekolah berjalan dengan baik dan lancar serta disambut dengan antusias oleh semua guru dan siswa di sekolah. Mahasiswa kampus mengajar dapat berbagi pengalaman baik dengan para guru yang ada di sekolah terutama proses pemebelajaran dalam kurikulum Merdeka, sehingga mahassiswa memahami bentuk kurikulum Merdeka yang nyata dalam proses pembelajaran disekolah.References
Alfikalia, A., Haryanto, H. C., & Widyaningsih, A. (2022). Dinamika Pengelolaan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Pada Kampus Swasta. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 111–123. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1557
Fitria, L., Nirmala, H., Junita, W., Listin, T. M., Apriliani, A., & Novayanti, I. (2023). Sosialisasi Kampus Merdeka Pada Stie Tuah Negeri. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 671-676.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. J u r n a l D e d i k a s I, 1(20), 1–8.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.
Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 183–200. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594
Minullah, M., Rofek, A., & Akbar, S. (2023). Sosialisasi merdeka belajar kampus merdeka dan pelaporan keuangan bagi mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar kuliah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Mimbar integritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 112- 121.
Nurzila, N. (2022). Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Perlu Strategi Tepatguna. Jurnal Literasiologi, 8(4).
Wibawa, F., Catak, F. O., Kuzlu, M., Sarp, S., & Cali, U. (2022, June). Homomorphic Encryption And Federated Learning Based Privacy-Preserving Cnn Training: Covid-19 Detection Use-Case. In Proceedings Of The 2022 European Interdisciplinary Cybersecurity Conference (Pp. 85- 90).
Yanti, N., Alhafiz, A., Lusiyanti, L., Setiawan, F., & Julianita, S. (2022). Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar Pada Sekolah Kabupaten Humbang Hasundutan. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).