RUMAH BELAJAR MATEMATIKA: MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA MEKAR SAWIT KEC. SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT
Keywords:
Bimbingan Belajar, Kesulitan Matematika, Minat Belajar MatematikaAbstract
Masalah dalam pembelajaran matematika saat ini adalah hasil dan minat belajar matematika yang masih kurang. Hal ini juga dialami oleh anak usia SD yang ada di Desa Mekar Sawit, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumuatra Utara. Oleh karena itu, harus dicari solusi dari permasalahan ini. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pengabdian masyarakat, dengan tujuan untuk membantu meningkatkan hasil dan minat belajar matematika anak usia SD yang ada didaerah ini. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan pendampingan bimbingan belajar kepada anak melalui Rumah Belajar Matematika. Peserta dalam kegiatan ini adalah anak usia tingkat SD yang berjumlah 15 orang. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pemberian motivasi dan pendampingan belajar matematika untuk mengatasi kesulitan matematika di sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini memberikan kesadaran anak tentang pentingnya belajar matematika dan meningkatkan kemampuan matematika dasar anak.References
Abdil, Nurul Satria, dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Kampung Notoprajan. Nganpilan,
Yogyakarta. Dalam Program Pengembangan Jam Belajar Masyarakat. Yogyakarta:
Artikel KKN UAD.
Sanjaya. Mega. 2016. Pengajaran dan Pendalaman Materi Pelajaran Bagi Anak Sekolah di
Posko Kuliah Kerja Nyata (KKN). Di Desa Sukaharja Kecamatan Cikulur. Artikel
KKN STAI La Tansa Mashiro.
Yulita, Wardhani, dkk. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja Muju, Umbulharjo
Yogyakarta. Dalam Program Bimbingan Belajar Masyarakat. Artikel KKN UAD.
P. W. Kadir, Suharti, and A. Hasrianti, “Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik,” Jurnal Abdimas Patikala, vol. 3, no. 3, pp. 906–917, 2024,
doi: 10.51574/patikala.v3i3.1016
A. Razzaq and I. I. Nurnaifah, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik,” Journal of Mathematics Education, vol. 1, no. 1, pp. 24–38, 2022,
doi: https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.14
Dacholfany, M. I., Azis, A. A., Mardiati, Zulhayana, S., Ahmad, R., Bay, W., & Mokodenseho, S. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Program Pelatihan dan Bimbingan Studi. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 129–141. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.121
Saputri, L. ., Mardiati, M., Sitepu, D. R. B. ., Susilawati, E. ., Ningsih, Y., Ayumi, N., & Siregar, Z. A. D. (2023). Pendampingan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar di Desa Tanjung Putus, Padang Tualang, Langkat, Sumatera Utara. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–98. https://doi.org/10.30762/welfare.v1i1.344
Mardiati, M., Saputri, L., Afni, K., Hasanah, N., Sitepu, D.R., Wirevenska, I., Putrayana, E. (2022). Pemberdayaan Ibu Dalam Pendampingan Belajar Daring Anak Dimasa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS